Alamat Rumah Makan Anjung Mios

Alamat Rumah Makan Anjung Mios

Jumat, 07 September 2012

Informasi Wisata Pulau Pisang yang Indah

Informasi Wisata dari Restoran Lampung Anjung Mios.



Pulau Pisang adalah sebuah pulau kecil, di wilayah krui, Lampung Barat. Pulau Pisang menjadi salah satu pulau yang paling diandalkan oleh Lampung Barat sebagai daerah tujuan wisata. Pulau ini menghadap kota Krui bisa dicapai dalam tempo lebih kurang 45 menit, dari pelabuhan di kota Krui, dengan perahu motor, atau sekitar 15 menit dari desa Tembakak. Tembakak adalah sebuah desa di daratan Sumatera yang terdekat dengan pulau ini. Jarak Pulau Pisang dengan Tembakak hanya beberapa ratus meter.



Selain sebagai lokasi konservasi penyu, Pulau Pisang menyimpan banyak potensi alam yang mampu meningkatkan kesejakteraan masyarakat pulau dan masyarakat pesisir. Selain memiliki potensi perkebunan cengkih cukup berlimpah, Pulau Pisang juga menjadi salah satu aset bagi Lampung Barat untuk menjadi kawasan minawisata, pasalnya di kawasan tersebut terdapat jalur perlintasan ikan lumba-lumba dengan jumlah ratusan ribu ekor. Pulau Pisang selain memiliki keindahan yang elok, lokasi tersebut kerap disinggahi penyu langka, sehingga sangat pantas pulau ini mendapat perhatian serius dari pemerintah pusat dan daerah.

Pulau Pisang terdiri dari enam pekon (kampung); Pekon Lok, Labuhan, Sukadana, Pasar, Sukamarga, dan Bandar Dalam. Di kampung-kampung ini masih terdapat rumah-rumah bagus sisa-sisa kejayaan masa lalu, yang terbengkalai, ditinggal penghuninya.


Pulau Pisang adalah sebuah pulau yang indah untuk dikunjungi. Pulaunya indah dan pantainya cantik. Di pulau ini Anda bisa berenang, berperahu, berlayar, menyelam, memancing, memotret, atau hanya sekedar melihat-lihat. Selancar tidak terlalu bagus di sini. Jarang ada orang berselancar di pulau ini. Tapi jangan harap Anda akan mendapat banyak pisang di pulau ini, karena penduduk pulau ini malah mencari pisang ke daratan Sumatera.

Untuk mencapai pulau ini, Anda bisa memulainya dari pelabuhan kota Krui, atau dari pelabuhan Tembakak. Tembakak adalah sebuah desa kecil di daratan Pulau Sumatera yang tepat menghadap pulau ini. Dari Tembakak, Anda bisa menumpang perahu nelayan kecil, bersama penduduk setempat, atau Anda bisa mencarter sebuah perahu. Ongkos penyeberangan dari Tembakak sekitar Rp.10.000, sedangkan dari Krui sekitar Rp.20.000. untuk mencarter perahu motor, dari Krui Anda akan dikenai biaya setidaknya Rp.600.000 untuk seharian penuh.

Tidak ada tempat penginapan di pulau ini. Jika Anda terpaksa bermalam, Anda harus membawa tenda, atau menumpang di rumah penduduk. Biasanya penduduk pulau ini tidak keberatan jika ada turis menginap di rumahnya.

Dikutip dari http://novenrique.blogspot.com/2010/05/pulau-pisang-si-jelita.html dan antaranews. 
Foto-foto dari http://endangguntorocanggu.blogspot.com/2012/02/eksotisme-pulau-pisang-lampung-barat.html





1 komentar:

  1. sayang sekali . kenapa tidak di bangun tempat penginapan disini ?

    BalasHapus