Alamat Rumah Makan Anjung Mios

Alamat Rumah Makan Anjung Mios

Sabtu, 08 September 2012

Segubal - Panganan Lampung Penuh Kenangan Rasa

Informasi Kuliner dari Rumah Makan Lampung Anjung Mios. 

Andung kami, Alm H. Fatmah binti Alijoen selalu mengenalkan dan menyediakan makanan ketan segubal kepada semua keluarga. Tidak menunggu momen khusus hari raya, setiap anggota keluarga di rantau yang datang ke rumah besar di Sukamarga, Gedongtataan, selalu dibuatkan panganan khas lampung ini. Ada lagi variasi makanan ketan dengan nama unik yang juga sering dibuatkan beliau, yaitu Bebaitukha Berungguk


Segubal adalah bahan dari ketan yang dikukus dengan santan, lalu dibungkus daun pisang, atau daun kelapa (janur). Menyantap makanan ini biasanya ditemani gulai ayam, rendang daging, opor ayam, kari, tapai, dan lain-lain. Selain itu, makanan ini pun dapat dinikmati dengan sambal goreng ati, petai, atau jengkol.
Tak sulit mendapatkan makanan unik ini. Di lokasi Pasar Bambu Kuning, segubal selalu ramai terjual dan terfavorit bagi masyarakat setempat.

Pembuatan makanan ini membutuhkan waktu sekitar 6 - 10 jam. Caranya, ketan yang telah diberi santan dibungkus dengan daun pisang dan dikukus. Karena terbilang rumit dan membutuhkan ketelatenan ekstra, sudah jarang orang Lampung yang dapat membuat segubal.

Kemeriahan Lebaran bagi sebagian besar masyarakat Lampung, terasa belum lengkap tanpa menghidangkan segubal: makan khas Lampung yang terbuat dari ketan dan Kelapa. Sebab, selain Lebaran, panganan itu hanya dapat ditemui saat upacara adat, seperti pesta pernikahan, khitanan, dan cukuran rambut bayi.

Bahan-bahan

  • Beras Ketan
  • Santan Kelapa
  • Daun Pisang

Cara Memasak

  • Beras ketan dimasak dengan santan kelapa lalu dikukus selama 30 menit.
  • Setelah itu, adonan ketan dan santan dicetak atau bisa dibungkus daun pisang untuk dikukus sekali lagi sebelum dihidangkan. 
Informasi menarik Segubal - Panganan Lampung Penuh Kenangan Rasa diambil dari beberapa blog dan situs berita online.

4 komentar: